alat
Daftar Alat
bahan
Daftar Bahan
jadwal
Jadwal Praktikum
modul
Modul Praktikum
icon1
Galeri Laboratorium
icon2
Laporan Kepala Lab.

 

 

 

 

 

 

MANAJEMEN LABORATORIUM:

Kepala Laboratorium:
Dr. Ir. Irwan, MT

Pranata Laboratorium Pendidikan / Teknisi:
1. Nasruddin
2. Nurdin

 

DISKRIPSI

Laboratorium Pilot Plant dan Teknik Perawatan adalah laboratorium yang memiliki fasilitas yang dapat digunakan untuk: kegiatan pendidikan vokasi teknik kimia, kegiatan penelitian terapan. Laboratorium ini dalam kegiatannya terbagi dua bagian yaitu: Laboratorium Pilot Plant dan Laboratorium/Bengkel Teknik Perawatan.

1. Laboratorium Pilot Plant

Laboratorium ini melayani kegiatan pembelajaran/ pelatihan vokasi bidang teknik kimia (Diploma III & IV) untuk membekali lulusan menguasai dasar ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk mengoperasikan dan mengendalikan jalannya proses pada skala pilot plant, serta menganalisis kwalitas bahan yang diproses.

Peralatan proses skala pilot plant terdiri dari: Unit Distilasi, Unit Ekstraksi (Leaching), Unit Falling Film Evaporator, Unit Tangki Berpengaduk (Stirred Tank), Unit Fluidized Dryer,  Unit Humidifikasi dan Dehumidifikasi, yang didukung oleh Unit Cooling Tower, dan Unit Boiler, Unit Udara Tekan dan Vakum.

1

2

2. Laboratorium Teknik Perawatan

Laboratorium ini melayani kegiatan pembelajaran untuk membekali lulusan tentang pengetahuan peralatan proses, instrumen pengendali proses yang digunakan, dan cara perawatan sederhana alat proses.

3

STRUKTUR ORGANISASI

4

 

 

1,836 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini