KETUA PROGRAM STUDI:
Dr. Ratni Dewi, S.T., M.T.

Program Studi TEKNOLOGI PENGOLAHAN MINYAK DAN GAS berada dibawah naungan Jurusan TEKNIK KIMIA yang berdiri sejak tahun 1987 dengan nomor SK pendirian “SK Mendikbud No. 100/05/1987” yang bertanggal 09 Mei 1987. Penyelenggaraan Program Studi ini dimulai pada bulan Juli tahun 2008. Nomor SK Izin Operasional “2080/D/T/2008”.

AKREDITASI : UNGGUL

Akreditasi TPMGDownload Sertifikat Akreditasi

VISI : Pada tahun 2024 Program Studi Diploma Tiga Teknologi  Pengolahan Minyak dan Gas (PSTPMG) sebagai program studi yang profesional, unggul dan berdaya saing global dalam bidang teknik pengolahan minyak dan gas.

MISI :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan vokasi bidang teknologi pengolahan minyak dan gas dengan penguatan soft skill
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berorientasi teknologi inovatif
  3. Membina kerja sama dengan stakeholder
  4. Aktif merespon isu global dalam upaya peningkatan sumberdaya yang ada untuk kemandirian

 

TUJUAN :

  1. Membekali lulusan dengan keahlian dibidang operasi dan pengolahan migas, proses produksi serta pengendalian proses.
  2. Membekali lulusan dengan keahlian dasar perawatan peralatan proses pengolahan migas.
  3. Membekali lulusan dengan konsep teknologi bersih dan ramah lingkungan serta sistem pengendalian pencemarannya.
  4. Membekali lulusan dengan sikap mandiri, disiplin, teliti, bekerja sama dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugasnya di bidang pengolahan minyak dan gas bumi.
  5. Melaksanakan penelitian dan penerapan Iptek bagi Masyarakat dengan mengikutsertakan mahasiswa dan stakeholder.
  6. Meningkatkan kemandirian program studi dengan memberdayakan sumber daya manusia dan fasilitas yang tersedia untuk meningkatkan kesejahteraan civitas akademika dan tenaga kependidikan.

 

SASARAN :

  1. Terwujudnya proses belajar mengajar (PBM) yang berkualitas dengan cara membuat perencanaan pengajaran (GBPP/SAP), pelaksanaan proses pembelajaran yang sesuai aturan akademis, evaluasi PBM dan materi kuliah serta revisi GBPP/SAP sesuai dengan perkembangan teknologi.
  2. Terbentuknya kurikulum yang relevan dengan perkembangan teknologi dan pasar kerja dengan cara melakukan revisi kurikulum secara berkala.
  3. Tercapainya kompetensi mahasiswa di bidang pengolahan migas (proses produksi, pengendalian proses, perawatan peralatan proses dan K3) dengan melakukan kerja praktek lapangan pada industri terkait selama dua semester.