Visi dan Misi


Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Lhokseumawe, didirikan pada tahun 1987. Salah satu jurusan yang ada di PNL adalah Jurusan Teknik Kimia, yang saat ini memiliki 3 Program Studi, yaitu:
– Program Studi DIII Teknik Kimia
– Program Studi DIV Teknologi Industri Kimia
– Program Studi DIII Pengolahan Migas

 

Visi

Mewujudkan Jurusan Teknik Kimia menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi yang mandiri dan unggul pada tahun 2020 dalam menyelenggarakan program pendidikan yang bermutu, serta sebagai pusat penelitian dan penyebarluasan teknologi terapan untuk mendukung pembangunan nasional yang berwawasan lingkungan dan kerakyatan.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesional dan Sarjana sain terapan berbasis komptensi.
  2. Menyelenggarakan pendidikan vokasional dalam bidang teknologi dan pengenadalian proses, analisa bahan dan peralatan dan pengolahan yang berwawasan lingkungan.
  3. Menyelenggarakan sistem pendidikan yang berbasis pada Iptek dan Imtaq.
  4. Menumbuh kembangkan sikap berwirausaha di kalangan mahaiswa.
  5. Menyelenggarkan Tri Darma Perguran Tinggi untuk semua civitas akademika
  6. Optimalisasi sumberdaya dalam rangka membantu menyelesaikan masalah pada masayarakat dalam bidang sains dan teknologi serta mendorong kemandirian jurusan dengan pemanfaatan sumber daya yang ada.

Tujuan

Sebagai implementasi dari pernyataan visi dan misi yang akan dicapai dalam jangka waktu 5 tahun dengan mempertimbangkan SDM dan kemampuan yang dimiliki, tujuan Jurusan Teknik Kimia adalah:

  1. Menghasilkan tenaga Ahli Madya professional dan Sarjana Sains Terapan dalam bidang teknik proses dengan titik berat pada operasi yang kompeten dalam bidang proses produksi di industri.
  2. Menghasilkan tenaga vokasi yang kompeten di bidang rekayasa proses, pencegahan pencemaran lingkungan dan pengolahan minyak dan gas bumi yang memiliki nilai sikap mandiri dalam melaksanakan tugas-tugasnya yang berpedoman kepada motto tepat waktu, tepat aturan, tepat ukuran, keselamatan dan kesehatan kerja.
  3. Menghasilkan lulusan yang menguasai IPTEK dan menjadi manusia yang bertanggwa dan bertanggung jawab terhadap agama dan bangsanya.
  4. Menghasikan lulusan yang mepunyai jiwa interprener dan dapat menciptakan lapangan kerja baru dalam bidang teknologi proses.
  5. Menjadi wahana pengembangan dan implementasi IPTEKS baru melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  6. Menjadi Jurusan mandiri secara finansial dengan optimalisasi aset dan sumber daya yang ada.

32,065 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini